19 Feb 2012

Asal Usul Yahoo

JIKA andatergolong orang yang sering ber-chatting ria di internet, anda pasti mengenalyang namanya Yahoo! Mesengger. Yahoo! Mesengger atau yang sering disingkat YM
adalah salah satu alat komunikasi via internet yang sudah populer sejak era90-an dan hingga saat ini masih tersedia secara cuma-cuma. YM adalah salah satuproduk yang dirilis oleh Yahoo! Inc., sebuah perusahaan perseroan asal AmerikaSerikat (AS) yang bisnis utamanya bergerak di bidang jasa layanan konteninternet. Yahoo! Inc, menawarkan beragam produk dan jasa berbayar maupun gratisseperti mesin pencari, berita, Yahoo! Directory, Yahoo! Finance, Yahoo! Mail,dan lain-lain. Yahoo! dibentuk pertama kali oleh dua orang mahasiswaUniversitas Stanford, Jerry Yang dan David Filo pada Januari 1994 dan kemudianmenjadi perseroan terbatas pada 2 Maret 1995. Yahoo yang memiliki slogan “DoYou Yahoo!?” sekarang bermarkas utama di Sunnyvale,California,AS.
Menurut datadari sejumlah analis lalulintas web (Compete.com, comScore, Alexa, Netcraft,dan Nielsen Ratings), yahoo.com adalah domain web yang paling banyak dikunjungipada tahun 2008 dengan jumlah kunjungan sedikitnya 1,575 miliar klik. Sedangkanmenurut data bulan Oktober 2007, jaringan global situs Yahoo! di-klik olehrata-rata 3,4 milyar pengunjung per hari. Catatan ini menjadikan Yahoo! sebagaisitus web nomor dua yang paling banyak dikunjungi di AS dan yang terbanyak didunia.
Sejarah dan Perkembangan
Asal Mula(1994-1996)
Pada bulan Januari 1994, JerryYang dan David Filo membuat sebuah situs web yang diberi nama “Jerry’sGuide to the World Wide Web.” Awalnya, situs Jerry’s Guide to the WorldWide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokkanberdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
Bulan April1994, “Jerry’s Guide to the World Wide Web” diganti namanya menjadi“Yahoo!”. Nama baru ini diambil oleh Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travelkarya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai maknakatanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo juga adalahsingkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Sedangkanalamat URL-nya adalah: akebono.stanford.edu/yahoo.
Namun, nama“Yahoo” sebenarnya telah lebih dulu dipatenkan menjadi merek produk sausbarbekyu dan perahu karet oleh perusahaan lain. Inilah sebabnya mengapa Yangdan Filo terpaksa menambahkan sebuah tanda seru di belakang kata Yahoo sehinggamenjadi “Yahoo!”. Walaupun demikian, tanda seru itu sering diabaikan saat orangmenyebut Yahoo.
Akhir tahun1994, Yahoo mencatat perkembangan mencengangkan karena telah di-klik olehsekitar satu juta pengunjung. Menyadari potensi ini, Yang dan Filomembadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995.Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 12 April 1996, Yahoo mendapatkan dana segarsebesar 33,8 juta dolar AS yang dihimpun dari hasil penjualan 2,6 juta lembarsahamnya seharga USD 13 per lembar.
Perkembangan (1997-1999)
Tak mauketinggalan dari para para pesaingnya, Yahoo mulai mengembangkan sayap hinggamenjadi sebuah situs portal. Pada akhir dekade 90-an, sejumlah portal dandirektori situs seperti Yahoo, MSN, Lycos, Excite, dll berkembang sangat pesat.Mereka berlomba-lomba mengakuisisi layanan-layanan internet lain yang lebihkecil untuk dimasukkan dalam layanannya dengan harapan agar pengunjung/penggunalebih betah dan setia di portalnya.
Tercatat pada 8Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan layanan komunikasi online yangbernama Four11. Salah satu produk Four11 yang terkenal adalah Rocketmail. Yahoolalu mengubah nama produk ini menjadi Yahoo! Mail. Selanjutnya, Yahoo membeliClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games. Tahun 1998, Yahoomengakuisisi GeoCities, kemudian mengambil alih eGroups yang dirubah namanyamenjadi Yahoo! Groups. Tanggal 21 Juli 1999, Yahoo meluncurkan salah satuproduk terlarisnya: Yahoo! Messenger.
Yahoo! International 
Sebagai sebuahportal besar, selain bahasa Inggris, Yahoo! juga mengelola layanan situs multibahasa. Terdapat 42 layanan bahasa dalam portal Yahoo saat ini, yang diantaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman, Perancis, Jepang, Thailand, India,Indonesia, dll.
Fenomena Dot-com bubble(2000-2001)
Dot-com bubbleadalah sebuah periode masa (1995-2001) di mana sejumlah perusahaan berbasisinternet seperti Yahoo, Google, AOL, dsb mencapai puncak kejayaannya yangditandai dengan melambungnya harga saham perusahaan-perusahaan tersebut dilantai bursa. Pada 3 Januari 2000, saham Yahoo mencapai harga tertingginya padalevel USD118,75 per lembar saham. Enambelas hari kemudian, saham Yahoo diJepang mencatat sejarah sebagai saham pertama di lantai bursa Jepang yang diperdagangkandi atas J¥100,000,000, dengan harga per saham J¥ 101,4 juta atau sekitar USD962,140 (kurs waktu itu).
Sakingpopulernya, portal yahoo.com sempat mengalami hang beberapa jam pada 7 Februari2000 akibat serangan hack. Namun ajaib pada keesokan harinya, harga saham Yahoomalah meningkat naik 4,5 persen.
Saat masa emasini, Yahoo dan Google sempat mengikat suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni2000 di mana waktu itu Yahoo mengontrak Google untuk menempatkan mesinpencarinya sebagai mesin pencari standar di portal Yahoo.
Periode pasca dot-com bubble (2002-2006)
Yahoo adalahsalah satu dari sedikit perusahaan besar berbasis internet yang bertahansetelah fenomena dot-com bubble berakhir. Pada 26 September 2001, saham Yahoomencapai harga terendah pada titik USD 4,06.
Akhir 2002,untuk mengembangkan teknologi mesin pencarinya Yahoo menggandeng Inktomi. BulanFebruari 2003, Yahoo membeli Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo!Widgets. Selanjutnya, Juli 2003, Yahoo mengambilalih saham Overture Services,Inc yang mengelola AltaVista dan AlltheWeb.
Setelah dirasacukup, pada tanggal 18 Februari 2004 Yahoo secara resmi memutus kerjasamanyadengan Google dan mengembangkan teknologi mesin pencarinya sendiri.
Google kemudianmerilis layanan email gratisannya sendiri, Gmail, yang berkapasitas 1 GB pada 1April 2004. Melihat hal ini, Yahoo segera merespon dengan meningkatkankapasitas mailbox email gratisan dari 4 MB menjadi 100 MB dan mailbox emailberbayar Yahoo Mail Plus dari 1 GB menjadi 2 GB. Tak cukup sampai situ, pada2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya menjadi tak berbatas. Saat Googlemerilis Google Talk (produk yang hampir mirip dengan Yahoo! Mesengger) pada2005, Yahoo bekerjasama dengan Microsoft mengumumkan bahwa Yahoo! Mesenggerbisa dipakai multi fungsi bersama MSN Mesengger (produk serupa dari Microsoft).
Yahoomelanjutkan ekspansi dengan mengakuisisi sejumlah layanan lain danmenggabungkan layanan tersebut bersama layanan versinya sendiri. Beberapalayanan yang dimaksud adalah: Flickr, blo.gs, Upcoming.org, del.icio.us, webjay,dll.
Produk dan Layanan
Sampai saat ini,Yahoo menyediakan hampir semua layanan internet populer yang digunakan olehpara pengguna internet mutakhir. Dalam portalnya sendiri, selain menampilkanberita-berita regional dan dunia terkini, Yahoo juga menyediakan layanan YahooFinance, Maps, Yellow Pages, dsb, serta memberi kemudahan bagi para penggunadengan menampilkan sejumlah akses cepat ke beragam layanan lain seperti: Yahoo!Mail, Yahoo Weather, Yahoo! Groups dan Yahoo! Messenger.
Mode Pencarian/Search:
Dalam modepencarian, Yahoo melengkapinya dengan sejumlah layanan seperti Yahoo! Image,Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, and Yahoo! Shopping Search.
Komunikasi:
Layanan inimerupakan layanan Yahoo yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Yahoo! Mailsampai saat ini masih merupakan layanan email terbesar di dunia di mana jumlahpenggunanya diperkirakan setengah dari total jumlah pengguna email. SedangkanYahoo! Messenger masih mendominasi jumlah pengguna dalam hal layanan instantmessenger.
Yahoo juga menawarkan beberapalayanan jaringan sosial seperti: My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, danFlickr.
Isi/Konten:
Yahoobekerjasama dengan ratusan penyedia konten lainnya menyajikan beragam info yangmencakup: Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo Movies, YahooNews, dan Yahoo! Games. Pengguna Yahoo juga diberikan kemudahan untukmengumpulkan fitur-fitur Yahoo favorit pilihannya ke dalam satu halaman sendiriyang diberi nama My Yahoo.
Mobile:
Yahoo! Mobilemencakup sejumlah layanan seperti: on-the-go messaging, instant messaging,moblogging, alerts, ringtones, mobile games, photos, dan bahkan Yahoo!messenger for SMS (Di Indonesia layanan ini hanya bisa untuk pemakai kartuHalo, SIMpati, Mentari dan Pro XL).
OneSearch:
Yahoomemperkenalkan sistem pencariannya sendiri yang disebut oneSearch, yangutamanya diperuntukkan bagi telepon seluler. Yahoo mengklaim hasil pencariannyaberbeda dengan hasil pencarian mesin-mesin pencari lain, di mana dalam hasilnyajuga ditampilkan tajuk berita, gambar, daftar perusahaan, nama kota beserta kode pos, prakiraan cuaca, dantautan ke situs lain.
Commerce/Perdagangan:
Termasuk dalamlayanan ini adalah: Yahoo! Shopping, Yahoo Autos, Yahoo Real Estate dan YahooTravel yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi dan membuat transaksiatau pembelian secara online.
Small Business/Usaha Kecil:
Para pelakuusaha bisa menggunakan layanan-layanan seperti: Yahoo Domains, Yahoo WebHosting, Yahoo Merchant Solutions, Yahoo Business Email, dan Yahoo Store untukmengembangkan usaha mereka. Selain itu ada juga layanan Hot Jobs yangmemfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja.
Advertising/Periklanan:
Untuk parapengiklan tersedia layanan Yahoo! Search Marketing yang di dalamnya adaprogram-program seperti Sponsored Search, Local Advertising, danProduct/Travel/Directory Submit. Di layanan ini, para pengiklan ditawarkanmemasang iklan produknya untuk disebarluaskan melalui jaringan Yahoo. Pada 5Februari 2007, Yahoo juga telah merilis sistem periklanan internet terbarudengan nama Panama.
Kritikan dan Kontroversi
Bulan Maret2004, Yahoo merilis sebuah program berbayar bagi sejumlah situs komersil. Yahoomenjamin akan mengutamakan posisi situs yang membayar pada index mesin pencarimereka. Program ini memang sangat menarik bagi situs-situs yang masih baru danbelum terkenal, namun tak lama kemudian menjadi tidak populer di mata parapengembang situs (yang enggan membayar) dan pihak pengguna (yang tidak puas karenahasil pencarian menjadi tidak obyektif lagi). Akibatnya, sejak bulan Oktober2006, Yahoo tidak lagi menerapkan program ini secara penuh. Selain itu, Yahoojuga banyak mendapat kritikan karena mendanai sejumlah spyware dan adware yangdiselipkan dalam program atau layanan gratisan.
Beberapa tahunlalu, Yahoo bersama-sama dengan Google China, Microsoft, Cisco, AOL,Skype, Nortel dan sejumlah perusahaan lain menjalin kerjasama dengan pemerintahRRC dalam penerapan sistem sensor internet di Cina daratan.
Namun tak seperti Google danMicrosoft yang merahasiakan catatan para penggunanya, Yahoo! malahterang-terangan menyatakan bahwa mereka tidak akan melindungi kerahasiaancatatan para penggunanya dari pemeriksaan pihak yang berwenang di China.
Atas tindakannyaini, sejumlah organisasi Hak Asasi Manusia dan media massa mengecam keras pihak Yahoo! dengansuatu pernyataan pedas yang berbunyi “sungguh ironis, sebuah perusahaan yangselama ini hidup-matinya tergantung pada kemerdekaan/kebebasan informasi danekspresi kini malah menjadi sebuah alat sensor.”
Bulan April2005, seorang jurnalis Chinayang bernama Shi Tao dihukum penjara 10 tahun karena terbukti “menjual rahasianegara kepada pihak luar”. “Rahasia negara” itu menurut sanak keluarga Shi Taoternyata hanyalah sebuah daftar ringkas yang berisi mengenai aturan sensor dinegeri China yang dikirimkan oleh Shi Tao melalui Yahoo Mail ditujukan padaorganisasi Forum Demokrasi Asia sesaat sebelum peringatan Insiden BerdarahTiananmen.
Kritikan padaYahoo bertambah gencar ketika diketahui bahwa sebelumnya seorang warga China bernamaLi Zhi yang menggunakan sarana Yahoo Mail juga telah divonis penjara 8 tahundengan tuduhan subversif.
Pada 2 Juni2006, sebuah wadah persatuan jurnalis se-Inggris Raya dan Irlandia memobilisasi40.000 anggotanya untuk memboikot semua produk Yahoo Inc sebagai aksi protesatas tindakan Yahoo yang dituduh memata-matai isi mailbox penggunanya di China.
Bulan April2007, Yahoo dimeja-hijaukan ke pengadilan federal AS oleh seorang aktivis asal China atas tuduhan melaporkan isi diskusi yahoogroup-nya ke pemerintah China.
Organisasi HakAsasi Manusia Sedunia juga pernah menuntut Yahoo pada 28 Agustus 2007 atastuduhan menyingkap informasi pribadi (email dan ip address) warga negara Chinake pemerintah setempat sehingga tejadi penahanan atas sejumlah penulis kritisdan oposan.
Pihak Yahooberdalih bahwa tindakan mereka yang cenderung membantu pemerintah RRC merupakanbagian dari kebijakan rekonsiliasinya dengan pemerintah setempat. Hal inidilakukan setelah pemerintah RRC menyegel semua layanan dan produk Yahoo untuksekian lama.
Di kampunghalamannya, AS, layanan Yahoo Image Search mendapat kritikan tajam dari paraorang tua karena masih tetap menampilkan gambar-gambar pornografi walaupun modepencarian aman “SafeSearch” telah diaktifkan.
Tantangan ke depan
Menghadapiberbagai kontroversi dan kritikan ini, Yahoo! Inc., terus berusaha memperbaikisemua produk dan layanannya. Tahun 2008 lalu Yahoo sempat mengalami kesulitankeuangan dan dikabarkan akan bermerger dengan Microsoft. Di awal tahun itu,perusahaan raksasa milik Bill Gates ini menawar Yahoo senilai USD 45 miliardalam bentuk tunai dan saham. Akan tetapi beberapa bulan kemudian, Yahoomenolak tawaran tersebut karena menganggap tawaran itu terlalu rendah untukperusahaan kaliber sekelas Yahoo.
Bagaimanapun,sampai kini para pengguna layanan dan produk Yahoo masih tetap ada dalam jumlahyang banyak. Walaupun sekarang telah muncul banyak pesaing yang menawarkanproduk dan layanan serupa, pihak Yahoo masih yakin para pengguna fanatiknyatidak akan meninggalkan mereka.
Memang bagimereka yang sudah terbiasa memakai apapun produk Yahoo akan enggan berpindah kelayanan lain karena sejumlah alasan klasik, yaitu sudah terlanjur cinta,terlanjur terbiasa, terlanjur………, dsb. Sama seperti penulis yang sampai saatini masih setia menggunakan Yahoo! Mesengger dan Mail untuk saranabla…bla…bla…di internet.
0 Comments
Tweets
Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Wazzub | The Power of ! we !

Mau pemasukan Pasif untuk masa depan tanpa susah payah!!
YOUR DATA IS SAFE WITH US! WE NEVER SHARE YOUR DATA WITH THIRD PARTIES!
Invited by:
First Name:
Last Name:
Password:
Email:
Country: